Pesankan Siswa Jadi Kutu Buku, Agendakan Kemah Bersama Pramuka Filipina



Serah Terima Jabatan Mabigus Gudep Pangeran Diponegoro, Petrus Pati

ANTHON JOY-Selasa hari ini, Kepala Sekolah SMP 4 Tarakan Petrus Pati akan meninggalkan Tarakan menuju tempat kerjanya yang baru sebagai kepala di sekolah kedubes RI di Manila-Filipina. Banyak pesan yang disampaikannya kepada ratusan siswa dan anggota pramuka di SMP 4, Gudep Pangeran Diponegoro.

YANG paling ditekankan Petrus Pati kepada mantan anak didiknya adalah membaca, membaca dan membaca. Menurutnya, jika seorang anak ingin menjadi pintar, maka tidak ada kata lelah untuk membaca buku.


“Saya belum pernah melihat orang pintar tidak membaca buku,” kata Petrus Pati di sela-sela serah terima dewan galang dan sertijab mabigus Pangeran Diponegoro kepada Boni Ponto di SMP 4, Sabtu (23/1).

Para siswa, kata Petrus, tidak perlu ragu dengan apa yang disampaikannya ini. Pasalnya, dengan rajin membaca, sudah terbukti seperti apa yang dirasakan Petrus Pati saat ini.

“Jangan ragu-ragu! Ikutlah jejak bapak kalau kalian mau pintar,” ujar Petrus yang Selasa hari ini akan terbang ke Manila. “Orang pintar, pasti kutu buku, dan dia pasti rajin membaca,” sambung Petrus.

Selain itu, dengan banyak membaca buku, maka siswa akan semakin banyak pula mendapat referensi dalam menuntut ilmu di sekolah.



“Dan jangan lupa, amalkan dasa darma pramuka,” katanya.

Sebagai seorang mabigus (majelis pembimbing gugus depan), tampaknya jiwa pramuka tersebut tidak luntur dalam dirinya. Bahkan setelah aktif bertugas di Manila, dirinya bercita-cita akan mengagendakan kegiatan perkemahan bersama antara boy scout Filipina dengan pramuka Indonesia, khususnya di Tarakan.

“Mudah-mudahan kalau disetujui dan ada anggarannya, saya akan agendakan kemah bakti bersama pramuka Tarakan dan Manila,” ujarnya berangan-angan.

Dia berharap, jika ini memang terealisasi, maka pramuka Tarakan diminta untuk membuka pintu dan memberikan yang terbaik kepada mereka.

Wakil Wali Kota Tarakan Suhardjo Trianto menyambut baik apa yang disampaikan. Pasalnya, ini sinergis dengan cita-cita pramuka yang bertujuan untuk membentuk generasi yang berkepibadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, serta mencegah terjadinya hal-hal negative di kalangan generasi muda.(*)
SUMBER BY ttp://www.radartarakan.co.id

Share this article :
Komentar Anda
 
Copyright © 2013 Official Site Diponegorojaya - All Right Reserved
Template Modified & Design By Aditya-Web.com | Proudly Powered By Blogger