Berita Terbaru Desa Wisata Diponegorojaya

KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA NO. 50 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENOMORAN KWARTIR DAN GUGUS DEPAN

KEPUTUSAN
KETUA KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR: 50 TAHUN 2003
TENTANG
SISTEM PENOMORAN KWARTIR DAN GUGUSDEPAN

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,
Menimbang:
1.Bahwa dengan telah terbentuknya Kwarda dan Kwarcab baru yang merupakan pemekaran dari Kwarda dan Kwarcab lama, sehingga mengakibatkan perubahan pada jumlah dan komposisi nomor kode kwartir yang ada;
2.Bahwa guna terwujudnya tertib administrasi dalam Gerakan Pramuka perlu menetapkan sistem penomoran Kwartir dan Gugusdepan.
Mengingat:
1.AD/ART Gerakan Pramuka;
2.Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 187 Tahun 1983 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-Pokok Sistem Administrasi Umum Gerakan Pramuka;
3.Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 005 Tahun 1989 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Satuan Gerakan Pramuka.
4.Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 044 Tahun 1998 tentang Penyempurnaan Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Administrasi Kwartir;
M E M U T U S K A N:
Menetapkan
Pertama :Mencabut ketentuan penomoran Gugusdepan sebagaimana diatur dalam Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 044 Tahun 1998, lampiran II, bab III, butir 3, dan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 005 Tahun 1989 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Satuan Gerakan Pramuka, bab IV, butir 11.
Kedua :Mengesahkan Sistem Penomoran Kwartir dan Gugusdepan Gerakan Pramuka, sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.
Ketiga :Memberi tenggang waktu selama 1 (satu) tahun kepada Kwartir dan Gugusdepan sebagai masa transisi.
Keempat :Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di Jakarta.
Pada tangal: Maret 2003.
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,


H. A. Rivai Harahap.

LAMPIRAN KEPUTUSAN
KETUA KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR: 50 TAHUN 2003
TENTANG
SISTEM PENOMORAN KWARTIR DAN GUGUSDEPAN
GERAKAN PRAMUKA
BAB I
KETENTUAN POKOK
1. Wewenang Penentuan Nomor Kode
a.Nomor Kode Kwartir Daerah (Kwarda) dan Nomor Kode Gugusdepan (Gudep) Gerakan Pramuka di luar negeri ditetapkan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.
b.Nomor Kode Kwartir Cabang (Kwarcab) ditetapkan oleh Kwarda untuk Kwarcab dalam wilayah tanggungjawab masing-masing.
c.Nomor Kode Kwartir Ranting (Kwarran) dan Nomor Kode Gudep ditetapkan oleh Kwarcab untuk Kwarran dan Gudep dalam wilayah tanggungjawab masing-masing.
2.Nomor Kode Gudep Putra atau Putri
Nomor Kode untuk Gudep Putra dan Putri ditetapkan dengan ketentuan:
a.Nomor ganjil untuk Gudep putra,
b.Nomor genap untuk Gudep putri.
BAB II
PENOMORAN KWARTIR
3. Penomoran Kwarda
Nomor Kode Kwarda terdiri dari 2 (dua) digit numerik berdasarkan urutan yang ditetapkan oleh Kwarnas. (Periksa Lampiran I)
4. Penomoran Kwarcab
Nomor Kode Kwarcab terdiri dari 4 (empat) digit numerik, yaitu dua digit pertama adalah kode Kwardanya dan dua digit berikutnya adalah Kode Kwarcab yang disusun menurut urutan yang ditetapkan oleh Kwarda.

1 2 3 4


Nomor Kwarda
Nomor Kwarcab

5. Penomoran Kwarran
Nomor Kode Kwarran terdiri dari 6 (enam) digit numerik, yaitu dua digit pertama adalah kode Kwardanya, dua digit berikutnya adalah Kode Kwarcabnya dan dua digit terakhir adalah Kode Kwarran yang disusun menurut urutan yang ditetapkan oleh Kwarcab.

1 2 3 4 5 6


Nomor Kwarcab
Nomor
Kwarran

Nomor Kwarda

BAB III
PENOMORAN GUDEP
6. Penomoran Gudep
Nomor Kode Gudep terdiri dari lima digit numerik, yaitu dua digit pertama adalah nomor Kwarrannya, garis pemisah, dan tiga digit berikut adalah nomor Gudep, yang disusun menurut urutan nomor Gudep dalam wilayah kecamatannya, yang ditetapkan oleh Kwarcab.

1 2

1 2 3


Nomor Kwarran


Garis pemisah


BAB IV
PENOMORAN GUDEP GERAKAN PRAMUKA DI LUAR NEGERI
Nomor Kode Gudep yang berada di perwakilan RI di luar negeri yang pembinaannya langsung dibawah Kwartir Nasional, dan Nomor Kode Gudep di luar negeri ditetapkan oleh Kwarnas, yaitu terdiri dari tiga digit numerik, dengan ketentuan: digit pertama adalah Kode Wilayah Benua dan dua digit berikutnya adalah nomor urut Gudep dalam wilayah benua.
Untuk atribut identifikasi satuan yang dipakai pada lengan baju kanan seragam Pramuka, digunakan 5 (lima) digit numerik, yaitu dua digit pertama adalah nomor kode Kwarnas, garis pemisah, dan tiga digit kode nomor Gudep.

1 2
1 2 3

Kode Wilayah
1. Afrika
2. Arab
3. Asia Pasifik
4. Eurasia
5. Eropa
6. Amerika


Nomor Kwarnas

BAB V
PENOMORAN BERKAITAN DENGAN PEMEKARAN
7. Pemekaran Kwarda
Kode Nomor Kwarda yang baru ditetapkan oleh Kwarnas
Dengan terjadi pengalihan dan pembentukan Kwarcab dan Kwarran, masing-masing Kwarda, baik yang lama maupun yang baru, mengatur dan menetapkan nomor-nomor kode untuk Kwarcab dalam jajaran tanggungjawabnya masing-masing.
Demikian pula Kwarcab yang baru, mengatur dan menetapkan nomor-nomor kode Kwarran dan Gudep dalam jajaran tanggungjawabnya masing-masing.
8. Pemekaran Kwarcab
Kode Nomor Kwarcab yang baru ditetapkan oleh Kwardanya.
Selanjutnya masing-masing Kwarcab mengatur dan menetapkan nomor-nomor kode untuk Kwarran dan Gudep dalam jajaran tanggungjawabnya.

BAB VI
PENGGUNAAN NOMOR KODE KWARTIR DAN NOMOR GUDEP
9. Penggunaan Nomor Kode
Nomor Kode secara keseluruhan, baik untuk Kwartir maupun untuk Gudep, digunakan dalam semua perekaman data mengenai kwartir dan satuan dalam Gerakan Pramuka.
10. Penggunaan Nomor Kode Kwartir
Sesuai dengan Sistem Administrasi Kwartir, Nomor Kode Kwartir digunakan dalam penomoram surat-menyurat Gerakan pramuka.
11. Penggunaan Nomor Gudep
Nomor Gudep, yang terdiri atas 5 digit numerik, yaitu dua digit pertama adalah nomor Kwarran dan tiga digit berikutnya adalah nomor Gudep, digunakan sebagai atribut identifikasi satuan pada lengan baju kanan, dibawah nomor Kwarcab.
BAB VII
PENUTUP
Semua ketentuan mengenai penomoran Kwartir dan Gudep Gerakan Pramuka, yang bertentangan dengan ketentuan dalam Keputusan ini, dinyatakan tidak berlaku lagi.

Ditetapkan di Jakarta.
Pada tangal: 29 Mei 2003.
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,



H. A. Rivai Harahap.



disadur dari Situs Kwarnas
0 comments

Serah Terima Jabatan Dewan Galang Periode 2007-2008 ke Periode 2008-2009

Ulang Janji oleh DG 08-09

Minggu,10 Februari 2008, dalam sebuah lalunan lagu dari Andra and The Backbone dengan judul "Sempurna" mengawali kegiatan tersebut kami melaksanakankegiatan sera terima jabatan antar waktu dari Dewan Galang Periode 07-08 ke Dewan Galang Periode 08-09, dalam kegiatan tersebut yang rencananya di hadiri oleh kak Drs. H. BADRUN M.Si selaku Ka. Kwarcab Kota Tarakan namun dikarenakan ada keperluan dinas dengan bapakWalikota Tarakan maka beliau tidak dapat hadir dalam acara tersebut.




tamu dan undangan dari kwarcab tarakan


Namum tidak mengurangi makna kegiatan kami tersebut hadir pula dalam kegiatan kami yaitu Ka. Husni,AK, Kak Drs. Broto Subagyo, Kak Kasman S. Ag yang merupakan pengurus-pengurus dari Kwarcab n Kwartir ranting tarakan tengah.



penandatanganan Berita Acara


penyerahan piagam penghargaan Oleh Mabigus "Kak Petus Pati"


Kegiatan kami sebelumnya dimulai malam hari dengan membersihkan ruangan dan mendekorasi ruangan supaya kelihatan rapi dan bersih. setelah pagi hari acara dimulai pukul 09.00 wite yang di hadiri oleh orang tua murid,pengurus kwarcab Kota Tarakan, Pengurus Kwartir Ranting Tarakan Tengah,Wakil Kepala Sekolah, Dewan Guru,dan tamu undangan dari gudep SMP Negeri 7 Tarakan yan berjumlah 10 orang.



Pemasangan Tanda Jabatan


pemotongan tumpeng oleh Mabigus

Upacara tersebut di pimpin oleh Teddy adriawan dan bertindak sebagai inspektur upacara ya itu Bapak Petrus Pati, SE Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tarakan. Mengawali upacara dengan ulang janji Tri Satya Dewan Galang periode 2008-2009 menyatakan siap untuk menjalankan tugasnya dan dewan galang periode 07-08 menandatangani berita acara Serah Terima Jabatan yang mengartikan DG 07-08 meletakan jabatannya dan menyerahkannya kepada Dewan Galang 2008-2009. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan dan pelepasan tanda jabatan dewan galang periode 2007-2008 an dipasangakan ke Dewan Galang Periode 2008-2009. serta dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan Dari Mabigus GUdep P. Diponegoro 211-211.

makan-makan di KFC Tarakan

acara berjalan sesuai dengan rencana dan sukses, di akhir acara kami menapilkan atraksi Japen dan nyanyi bersama, setelah itu dewan Galang eriode 2007-2008 mngadakan acara TAbularasa yaitu mengoreksi Pembina gudep dengan menulis di kertas kebaikan dan keburukan serta saran-saran demi kemajuan gudep ini. dan diakhir acara mereka memberikan kado spesial yang ternyata sebuah Helem Merk Calberg mereka bilang helem abang udah "bekurap" jelek banget maksudnya mereka memberikan hadiah ini secara ikhlas dan sukarela dari mereka. perpisahan sesama anggota sangan mengharukan mereka menangis,tertawa,bercanda,bekerjasama selama 1 tahun penuh dan harus pisah, semua menagis haru termasuk pembina gudep. sore harinya pukul 4 kami pergi Ke KFC untuk makan-makan terakhir bersama dengan DG 07-08 yah semuanya kami pergi kecuali sulis nga datang karena ketiduran. mereka senang sekali dan Happy banget karena perpisahannya sangan mengharukan
0 comments

KEMAH KENAIKAN TINGKAT GALANG TERAP

live in the junggel

repling (penurunan dari jembatan dengan tali)

Pada tanggal 24-27 januari 2007 gudep diponegoro mengadakan kegiatan kenaikan tingkat Galang terap dan persiapan kemah pasukan inti Gudep Diponegoro, kegiatan ini di ikuti sekitar 40 orang peserta didik dan dalam kegiatan tersbut dibagi menjadi 2 kegiatan khusus yang naik tingkat sendiri dan yang Kemah Pasukan inti juga sendiri.
dalam kegiatan tersebut diisi dari mulai Bivak, Repling, Merayap diatas tali, PBB, Semaphore, morse, yang seru dalam kegiatan ini adalah repling. kami melakukan penurunan dengan tali dari jembatan wah adik-adik sangat ketakutan tapi kepingin lagi.
terlihat dari wajah mereka bercampur senang,takut tapi kepingin mencoba, satu-persatu kami turunkan dengan cepat dan akhirnya kegiatan selesai peserta didik mendapat pengalaman yang sangat menyenangkan.

Keluar dari hutan ni

bivak oleh peserta didik

sememntara itu kegiatan khusus kenaikan tingkat galang terap sangat berbeda dengan kegiatan pasukan inti mereka dengan jadwal dan metode SURVIVAL mereka melaksanakan kegiatan yang langsung terjun ke alam seperti masak rimba, PPGD, bivak, dan moving camp (kemah berpindah) dan kegiatan yang menuju ke Nature...


kami juga melakukan penjelajahan ke Hutan Pesemaian dan sekitar 5 KM masuk kehutan yang sangat lebat kami menemukan tanaman Langka yaitu KANTUNG SEMAR dalam penjelajahan tersebut kami melewati jurang dan gunung-gunung yang terjal yah lumayan lah bikin keringat kami memmukan tanaman kantung semar berwarna merah ada juga yang baru tumbuh hijau warnanya dan di dalamnya ada serangganya wah bagus banget dan tanaman tersebut dibiarkan tumbuh tanpa ada yang mengurusnya.
akhirnya kegiatan di tutup pada pukul 02.00 pagi dan kami melakukan perjalanan pulang dengan bantuan truck satpoll PP yah sengaja pulang agak cepat cozz seninnya anak-anak sekolah. yah insya allah minggu ini pelantikan Galang Terap mudah-mudahan berjalan dengan lancar. amin.....
0 comments
 
Copyright © 2013 Official Site Diponegorojaya - All Right Reserved
Template Modified & Design By Aditya-Web.com | Proudly Powered By Blogger